Selasa, 14 Februari 2017

Fakta dan Informasi Demam Berdarah


Fakta-fakta tentang Demam Berdarah

  • ·         Demam berdarah adalah infeksi virus yang dibawa nyamuk.
  • ·         Infeksi menyebabkan penyakit seperti flu, dan kadang-kadang berkembang menjadi komplikasi yang berpotensi mematikan yang disebut demam berdarah yang parah.
  • ·         Insiden global dengue telah tumbuh secara dramatis dalam beberapa dekade terakhir. Sekitar setengah dari populasi dunia sekarang beresiko.
  • ·         Dengue ditemukan di iklim tropis dan sub-tropis di seluruh dunia, terutama di daerah perkotaan dan semi-perkotaan.
  • ·         dengue yang parah adalah penyebab utama dari penyakit serius dan kematian pada anak-anak di beberapa negara Asia dan Amerika Latin.
  • ·         Tidak ada pengobatan khusus untuk demam berdarah / dengue yang parah, tapi deteksi dini dan akses ke perawatan medis yang tepat menurunkan tingkat kematian di bawah 1%.
  • ·         pencegahan dan pengendalian dengue tergantung pada langkah-langkah pengendalian vektor yang efektif.
  • ·         Vaksin demam berdarah telah dilisensi oleh beberapa Badan Pengawas Nasional untuk digunakan pada orang 9-45 tahun tinggal di pengaturan endemik.

gejala demam berdarah
gejala demam berdarah pada bayi dan cara mencegahnya

Demam berdarah adalah penyakit virus nyamuk yang telah dengan cepat menyebar di seluruh wilayah WHO dalam beberapa tahun terakhir. Gejala demam berdarah sangat bermacam - macam. Virus Demam berdarah ditularkan oleh nyamuk betina terutama dari spesies Aedes aegypti dan, pada tingkat lebih rendah, Ae. albopictus. nyamuk ini juga mengirimkan chikungunya, demam kuning dan infeksi Zika. Dengue tersebar luas di seluruh daerah tropis, dengan variasi lokal dalam risiko dipengaruhi oleh curah hujan, suhu dan tidak terencana urbanisasi yang cepat.

demam berdarah yang parah pertama kali diakui pada tahun 1950 selama wabah demam berdarah di Filipina dan Thailand. Hari ini, demam berdarah yang parah mempengaruhi negara-negara yang paling Asia dan Amerika Latin dan telah menjadi penyebab utama rawat inap dan kematian di kalangan anak-anak dan orang dewasa di wilayah ini.

Ada 4 berbeda, namun berkaitan erat, serotipe virus yang menyebabkan demam berdarah (DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4). Pemulihan dari infeksi oleh satu memberikan kekebalan seumur hidup terhadap yang serotipe tertentu. Namun, cross-kekebalan terhadap serotipe lain setelah pemulihan hanya parsial dan temporer. infeksi berikutnya dengan serotipe lain meningkatkan risiko mengembangkan dengue yang parah.

Demam berdarah telah mendunia

Insiden berdarah telah tumbuh secara dramatis di seluruh dunia dalam beberapa dekade terakhir. Angka yang sebenarnya dari kasus DBD yang tidak dilaporkan dan banyak kasus kesalahan klasifikasi. Salah satu perkiraan terbaru menunjukkan 390 juta infeksi dengue per tahun (95% kredibel selang 284-528000000), dimana 96 juta (67-136000000) manifest klinis (dengan keparahan penyakit) 0,1 Studi lain, prevalensi DBD , memperkirakan bahwa 3,9 miliar orang, di 128 negara, berada pada risiko infeksi dengue viruses.2

Negara Anggota di 3 wilayah WHO secara teratur melaporkan jumlah tahunan kasus .. Jumlah kasus yang dilaporkan meningkat dari 2,2 juta di 2010-3200000 pada tahun 2015. Meskipun beban global penuh penyakit ini tidak pasti, inisiasi kegiatan untuk merekam semua kasus DBD sebagian menjelaskan peningkatan tajam dalam jumlah kasus yang dilaporkan dalam beberapa tahun terakhir.

Fitur lain dari penyakit ini termasuk pola epidemiologi, termasuk hyper-endemisitas beberapa serotipe virus dengue di banyak negara dan dampak yang mengkhawatirkan terhadap kesehatan manusia dan ekonomi global dan nasional.

Sebelum tahun 1970, hanya 9 negara telah mengalami epidemi demam berdarah yang parah. Penyakit ini sekarang endemik di lebih dari 100 negara di wilayah WHO Afrika, Amerika, Mediterania Timur, Asia Tenggara dan Pasifik Barat. Amerika, Asia Tenggara dan Pasifik Barat daerah yang paling terkena dampak serius.

Kasus di Amerika, Asia Tenggara dan Pasifik Barat melebihi 1,2 juta pada tahun 2008 dan lebih dari 3,2 juta pada tahun 2015 (berdasarkan data resmi yang disampaikan oleh Negara Anggota). Baru-baru ini jumlah kasus yang dilaporkan terus meningkat. Pada 2015, 2,35 juta kasus demam berdarah dilaporkan di Amerika saja, dari yang 10 200 kasus didiagnosis sebagai demam berdarah yang parah menyebabkan 1.181 kematian.


Tidak hanya jumlah kasus meningkat sebagai penyakit menyebar ke daerah baru, namun wabah ledakan yang terjadi. Ancaman wabah kemungkinan demam berdarah sekarang ada di Eropa sebagai transmisi lokal dilaporkan untuk pertama kalinya di Perancis dan Kroasia pada tahun 2010 dan kasus impor terdeteksi di 3 negara Eropa lainnya. Pada tahun 2012, wabah demam berdarah di pulau Madeira Portugal mengakibatkan lebih dari 2 000 kasus dan kasus impor terdeteksi di daratan Portugal dan 10 negara-negara lain di Eropa. Di antara wisatawan yang kembali dari berpenghasilan rendah dan menengah negara, demam berdarah adalah penyebab paling didiagnosis kedua demam setelah malaria.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar