Kamis, 21 Februari 2019

Apa Itu Kulit? Penjelasan Lengkap!

KULIT

Organ terbesar tubuh manusia - kulit - adalah jaringan aktif dan hidup. Ini berfungsi sebagai baju besi yang tangguh tetapi fleksibel untuk menjaga mikroba berbahaya, bahan kimia, atau sinar cahaya yang kuat dari jaringan dalam yang lebih sensitif. Pada saat yang sama, saraf di dalam kulit menyampaikan informasi penting tentang dunia di sekitar kita dengan merasakan rasa sakit, tekstur, dan suhu.

kulit
Apa Itu Kulit? Penjelasan Lengkap!
Kulit yang Anda gosok setiap hari di bak mandi atau pancuran hanyalah lapisan terluar, yang disebut epidermis (Ep-ih-DER-mis). Epidermis terus mengeluarkan sel-sel mati dari permukaannya saat sel-sel baru tumbuh untuk menggantikannya. Di bawah lapisan luar itu, dermis berisi pembuluh darah. Lapisan yang lebih dalam disebut subcutis (Sub-KEW-tis). Ini menyimpan cadangan lemak yang bertindak sebagai bantalan untuk membantu melindungi otot dan tulang dari benjolan dan jatuh.

Perhatikan dengan cermat hidung Anda di cermin dan Anda akan melihat apa yang tampak seperti lubang kecil di kulit. Ini adalah pori-pori. Epidermis menampung sekitar 5 juta dari mereka. Rambut tumbuh dari dermis ke atas dan ke luar dari masing-masing pori. (Sebagian besar pori-pori dan rambut ini terlalu kecil untuk dilihat.) Organ-organ yang disebut kelenjar duduk di dekat bagian bawah setiap rambut. Beberapa kelenjar ini menghasilkan keringat untuk membantu mendinginkan kulit. Lainnya memompa sebum (SEE-bum), suatu zat berminyak, hingga permukaan luar kulit. Sebum penting untuk kesehatan kulit. Ini membentuk penghalang pelindung yang menahan kelembaban dan mengunci banyak mikroba penyebab penyakit.

Pori yang tersumbat yang belum ditutup sepenuhnya dapat membentuk jerawat kecil yang disebut komedo. Whitehead terjadi ketika pori-pori menutup dan membengkak karena peradangan. Ketika ini terjadi, beberapa orang bahkan mungkin mengembangkan benjolan keras di bawahnya, yang disebut nodul, atau mengeluarkan luka bernanah.

Remaja yang melalui masa puber mendapatkan jerawat, yang dikenal sebagai jerawat, lebih sering - dan lebih parah - daripada orang lain. Salahkan hormon, zat kimia yang mengatur perubahan tubuh yang akan mengubah anak menjadi dewasa. Hormon-hormon ini cenderung membuat kelenjar di kulit meningkatkan produksi sebum mereka. Minyak bonus itu berarti ada kemungkinan pori-pori akan tersumbat. Terlebih lagi, bakteri yang dikenal sebagai P. acnes, hidup di kulit manusia. Kuman ini makan di sebum. Dan beberapa jenis bakteri ini mendorong perkembangan jerawat. Jadi semakin banyak zat berminyak ini yang menumpuk di kulit dan di pori-pori, semakin banyak kuman yang bisa tumbuh. Ini bisa mempromosikan pengembangan jerawat yang tidak sedap dipandang.

Pengertian - pengertian Dasar Kulit

Berikut ini adalah beberapa pengertian kulit dan bahasa - bahasa yang sering digunakan dalam dunia perawatan kulit.

acne Suatu kondisi kulit yang menghasilkan kulit merah dan meradang, yang biasa disebut jerawat atau jerawat.

bakteri (bakteri jamak) Organisme bersel tunggal. Ini tinggal hampir di mana-mana di Bumi, dari dasar laut hingga di dalam binatang dan manusia.

blackhead Jenis jerawat yang terbentuk ketika minyak, kulit mati dan bakteri menumpuk di dekat bagian atas pori kulit yang terbuka, mendorongnya terbuka. Oksigen di udara menyebabkan minyak menyumbat pori-pori menjadi hitam.

dermis Lapisan tengah kulit, yang berisi pembuluh darah untuk memberi makan sel-sel kulit dan menjaganya agar tetap hangat.

epidermis Lapisan kulit terluar, yang menyediakan penghalang penahan kelembaban terhadap kuman dan bahaya fisik.

gland Sel, sekelompok sel atau organ yang memproduksi dan mengeluarkan zat (atau "sekresi") untuk digunakan di tempat lain di tubuh atau di rongga tubuh, atau untuk dieliminasi dari tubuh.

hormon (dalam zoologi dan kedokteran) Suatu bahan kimia yang diproduksi di kelenjar dan kemudian dibawa dalam aliran darah ke bagian lain dari tubuh. Hormon mengendalikan banyak aktivitas tubuh yang penting, seperti pertumbuhan. Hormon bertindak dengan memicu atau mengatur reaksi kimia dalam tubuh. (dalam botani) Bahan kimia yang berfungsi sebagai senyawa pensinyalan yang memberi tahu sel-sel tanaman kapan dan bagaimana mengembangkannya, atau kapan menjadi tua dan mati.


peradangan Respons tubuh terhadap cedera seluler dan obesitas; sering melibatkan pembengkakan, kemerahan, panas, dan nyeri. Ini juga merupakan fitur mendasar yang bertanggung jawab untuk pengembangan dan pemburukan banyak penyakit, termasuk jerawat.

mikroba Formicroorganism pendek. Makhluk hidup yang terlalu kecil untuk dilihat dengan mata tanpa bantuan, termasuk bakteri, beberapa jamur dan banyak organisme lain seperti amuba. Sebagian besar terdiri dari sel tunggal.

nodul Benjolan kecil bundar atau tumbuh dari permukaan batu atau permukaan lainnya. (Dalam dermatologi) Jerawat besar dan menyakitkan yang jauh di dalam kulit dan terasa sulit untuk disentuh.

pori Sebuah lubang kecil di permukaan. Pada kulit, zat-zat seperti minyak, air dan keringat melewati celah-celah ini.

sebum Jenis minyak yang dikeluarkan oleh kelenjar (kelenjar sebaceous) di kulit. Ini membantu menjaga kulit tetap lembab dan sehat.

subcutis Lapisan lemak yang paling dalam dari kulit, kadang-kadang disebut subkutan atau hipodermis.

whitehead Suatu jenis jerawat yang terbentuk ketika minyak, kulit mati dan bakteri memblokir pori-pori kulit sepenuhnya.

zits Istilah sehari-hari untuk jerawat yang disebabkan oleh jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar